Friday, May 16, 2014

Resep Bolu Kukus Mekar ala KELUARGA KHATRI

Sebenernya saya pengen upload foto bolu kukus buatan saya sendiri,. tapi ada halangan mullu,.. fotonya dihandpone sih.. huufffttt..
ohh iya.. ini resep dari keluarga saya sendiri, saya dapet resep ini dari nenek saya,. resep turun temurun dari dulu katanya,.. dan gak pernah gagal bikinnya..
tadinya saya gk percaya 'masa sih gak pernah gagal??' tapi trus pas saya coba bikin untuk pertama kalinya!!! saya berhasil!!! Plok... plok... plok... hahhaahaa... bahagianyaa...
lalu pas kedua kalinya saya bikin lagi...
WAhahahahaa,... saya berhasil lagiii...
dan entah skarang saya udah berapa kali bikin,.. saya blum pernah gagal..
Anda mau selalu berhasil?? ikuti apa yang dibilang MRS.TIPS
dannn INSYAALLAH..
anda pasti bisa..!!!! go bolkus go bolkus goo..!!
haha.. yasudah.. anda pasti pada penasaran tuh.. apa aja bahan dan resep juga tips nya..
Ini dia resepnya....

BOLU KUKUS MEKAR ala KELUARGA KHATRI

Bahan:

  • telur 2 butir (ukuran besar) (kalo gak ada yg besar yang ukuran sedang aja ditambah 1 yang ukuran kecil jadi 3 telur.)
  • 250 gr gula pasir
  • 200ml air susu/santan/sprite/air aqua juga boleh.
  • 300gr tepung terigu protein rendah (ditambah 3 sdm susu bubuk)
  •  TBM 1 sdm munjung
  • VX bubuk 1/2 sdt
  • pewarna/pasta makanan secukupnya (warnanya sesuai selera)
Cara Membuat:

  1. kocok telur hingga berbuih. tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata dgn mikser kecepatan sedang.
  2. lalu tambahkan air/susu/santran/sprite (aku pake susu). sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata hingga gula larut.
  3. setelah gula larut, tambahkan tepung terigu+susu sedikit demi sedikit sambil terus dikocok rata.
  4. lalu masukkan TBM dan VX kocok hingga tercampur rata putih kental mengkilap.
  5. matikan mikser. lalu bagi adonan jadi beberapa bagian, beri warna. masukkan masing - masing adonan ke dalam plastik segitiga.
  6. siapkan cetakan bolu kukus mekar (harus yang bolong2) beri kertas cup.nya lalu semprotkan adonan kedalam cetakan tadi.
  7. kukus 15 menit dengan api besar sampai matang dan mekar. 
TIPS:
  • Sebelum mengukus pastikan kukusan sudah panas betul
  • Sebelum mulai mengocok adonan berdoa dulu.(hehe_)
  • Saat sedang mengocok adonan tersenyumlah bahagia dan percaya diri bahwa anda PASTI BISA melakukanya!!
  • jangan marah2 saat sedang melakukan ritual memasak bolu kukus (karna kata banyak orang bolu kukus itu ada kutukannya ,.. hehe saya liat diinternet tentang KUTUKAN BOLU KUKUS MEKAR)
  • setelah bolu kukus mekar matang . ucapkanlah Allhamdulillah...
SELAMAT MENCOBA GUYS...!
hahaha....

No comments:

Post a Comment